Kewirausahaan

Kesalahan yang pernah kamu alami akan membuat mu tumbuh lebih Dewasa Berbuatlah lebih baik dari kesalahan yang pernah kau buat

Kewirausahaan

Kesuksesan tidak akan pernah datang bagi orang yang hanya menunggu tanpa berbuat, kesuksesan hanya bagi orang yang selalu berbuat untuk mewujudkan apa yang di inginkan

Kewirausahaan

Kerendahan hati mu tidak akan membuat mu terhina, justru kerendahan hati mu akan membuat mu lebih terhormat dihadapan orang lain

Kewirausahaan

Keluhan mu tidak akan membuat mu keluar dari masalah, tapi usahamu yang akan membuat mu keluar dari masalah

Kewirausahaan

Manusia tidak akan bisa hidup sendiri tanpa orang lain, tapi tidak berarti harus selalu mengandalkan orang lain

Jumat, 01 Juni 2012

Mengenal Peluang dan Memilih Jenis Usaha


Bab 6. Mengenal Peluang dan Memilih Jenis Usaha

Salah satu alat untuk mengukur  semua hal yang mungkin dan tidak mungkin dilakukan oleh usahawan sebagai penilaian awal dan pemberian informasi penting, yaitu menggunakan analisis terhadap kelemahan, kekuatan, peluang dan ancaman (strengths, weaknesses, oppurtunities, and threats) atau yang lebih dikenal dengan analisis SWOT.

Banyak cara untuk melihat peluang yang terjadi disekitar kita. Selama masih ada kebutuhan dan keinginan, selama itu pula masih terdapat peluang yang dapat kita manfaatkan, missal :
1.    Mengenali kebutuhan pasar. Usaha berkembang karena ada permintaan, dan banyak bisnis kecil muncul karena ada kebutuhan pasar yang belum terpenuhi.
2.    Mengembangkan produk yang telah ada dipasaran. Ide dari peluang ini adalah bukan yang pertama tetapi menjadi yang lebih baik(terbaik).
3.   
 Memadukan bisnis-bisnis yang suda ada. Usaha ini merupakan usaha yang terintegrasi seperti usaha kos yang dipadukan dengan usaha penatu dan catering.
4.    Mengenali kecendrungan (tren) yang terjadi..
5.    Mewaspadai segala kemungkinan yang awalnya terlihat sepele, yang ternyata setelah ditekuni menjadi bisnis yang luar biasa.
6.    Menggunakan asumsi-asumsi yang baru (tidak baku).
7.     
Beberapa langkah untuk mengenali dan memilih peluang bisnis yang tepat antara yang lain :
1.    Tentukan tujuan besar yang hendak dicapai
2.    Buat daftar ide usaha
3.    Nilai kemampuan pribadi
4.    Pilih Kriteria
5.    Membandingkan dan dapatkan saran dari pengusaha, konsultan, atau mentor.
6.    Nilai keadaan bisnis saat ini dan masa mendatang melalui riset.
7.    Tetapkan pilihan.

Setelah memutuskan bisnis apa yang akan dijalankan, hal yang perlu menjadi pertimbangan berikutnya adalah memilih jalur usaha yang tepat atau memilih beberapa prospek bisnis.

Cara  Memulai Bisnis :
Cara-cara yang dapat dilakukan oleh seseorang untuk memulai bisnis , baik iru dilakukan sendiri atau bersama dengan teman-teman. Sebagai berikut :
1.    Memulai bisnis baru
2.    Membeli bisnis yang sudah ada
3.    Mengembangkan bisnis yang sudah ada
4.    Memilih usaha franchise
5.     
Bidang Usaha dan Jenis-jenis usaha
Contoh bidang usaha :
1.    Usaha dibidang makanan atau kuliner.
2.    Usaha pakaian dan perhiasan
3.    Usaha yang terkait dengan tempat tinggal
4.    Usaha pendidikan
5.    Usaha yang terkait dengan rekreasi
6.    Usaha pendukung atau mempermudah orang lain menjalankan usaha
Contoh jenis usaha :
1.    Pertanian
2.    Pertambangan
3.    Pabrikasi
4.    Konstruksi
5.    Perdagangan
6.    Jasa keuangan
7.    Jasa perorangan

Beberapa bentuk badan hukum usaha diindonesia :
1.     perusahaan perseorangan
merupakan perusahaan yang dimiliki dan diselenggarakan oleh satu orang. Bentuk usaha ini memiliki karakteristik tertentu seperti modal yang kecilm jumlah tenaga kerja yang sedikit, terbatasnya keanekaragaman produk dan jasa yang dihasilkan, dan penggunaan teknologi yang masih sederhana.
2.    Persekutuan
merupakan bentuk legal suatu bisnis yang dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bisnis, pembentukan persekutuan ini  bisa berdasarkan kontrak tertulis atau kesepakatan yang legal.
   Persekutuan Firma
Merupakan persekutuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan nama bersama untuk menjalankan suatu bisnis. Pembentukan firma mengakibatkan tanggung jawab masing-masing anggota firma tidak terbatas.
   Persekutuan Komanditer (CV)
Merupakan persekutuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang memiliki tujuan bersama untuk mendirikan usaha. Keanggotaannya dbagi menjadi dua pihak yang memiliki tanggung jawab berbeda karena tingkat  keterlibatan dalam pengelolaan mereka.
                     Persekutuan lainnya
a.    Joint Venture (Usaha Patungan)
b.    Sindikat
c.    Kartel
d.    Holding Company
3.    Perseroan
Adalah organisasi bisnis yang berbentuk badan hukum. Dimana tanggung jawab dan kewajiban usaha terpisah dari pemilik modalnya.
4.    Koperasi
Merupakan organisasi ekonomi rakyat yang berwatak social, beranggotakan orang-orang atau badan hukum, sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan dan gotong royong.


Sumber : Suharyadi,dkk. Kewirausahaan membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda.2008.Jakarta : Salemba Empat

Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha

 Bab 5. Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha

Hambatan dan Teknik meningkatkan kreatifitas

1.    Hambatan Kreatifitas
seorang pakar mengartikan hambatan kreatifitas sebagai "mental walls which block the problem solver from correctly perceiving a problem or conceiving its solution," yaitu dinding atau bangunan mental yang menghambat kita untuk memahami atau menemukan pemecahan atas suatu masalah.

hambatan-hambatan kreatifitas sebagai berikut :
1.    Hambatan Psikologis
2.    Hambatan Budaya
3.    Hambatan Lingkungan
4.    Hambatan Bahasa Berpikir
5.    Hambatan Keterpakuan Fungsional
6.    Hambatan kebiasaan memandang

2.    Teknik Meningkatkan Kreatifitas

      1.      Perumusan masalah secara kreatif
      2.      Bertanya dan bertanya
      3.      Curah gagasan
      4.      Orang aneh
      5.      Iklim kreatif

Arti Penting Inovasi dalam Kewirausahaan

adal lima jenis inovasi yang penting dilakukan pengusaha, yaitu :
      1.      pengenalan barang baru atau perbaikan barang yang sudah ada
      2.      Pengenalan metode produksi baru
      3.      pembukaan pasar baru, khususnya pasar ekspor atau daerah yang baru
      4.      penciptaan / pengadaan persediaan (supply) bahan mentah setengah jadi baru
      5.      Penciptaan suatu bentuk organisasi dalam industri baru

Teknik Mengembangkan Inovasi 
untuk membangun perusahaan inovatif, Kotler menekankan pentingnya sejumlah faktor berikut :
      1.      adanya budaya penemuan. setiap organisasi bisnis harus disesak orang - orang yang mempunyai semangat inovasi
      2.      mengembangkan inovasi sebaiknya berdasakan riset, sebab perusahaan dikatakan inovatif kalau secara sengaja membangun dan melakukan  proses untuk menghasilkan temuan baru.
           
Melindungi Gagasan dari Hasil  Kreativitas dan Inovatsi
Lingkup  dan  Hak Kekayaan Intelektual  dapat kita kenal dengan  sebutan Hak Cipta  dan Hak Kekayaan Industri.
1.       Hak Cipta adalah hak istimewa guna melindungi pencipta dan keorisinilan ciptaannya.
2.       Hak Kekayaan Industri terdiri dari atas paten, desain industry, desain tata letak sirkuit terpadu, merek desan rahasia dagang.


Sumber : Suharyadi,dkk. Kewirausahaan membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda.2008.Jakarta : Salemba Empat

Motivasi Menjadi Pengusaha Sukses

1.        
Bab 4. Motivasi Menjadi Pengusaha Sukses


1.Mengalahkan Mitos
Janganlah anda percaya akan mitos-mitos seputar wirausaha. misalkan ada yang mengatakan bahwa wirausaha dihasilkan dari bakat dan keturunan atau wirausaha yang diawali dengan memiliki uang yang banyak. semua hal tersebut sebenarnya hanyalah kurangnya pemahaman kita tentang kewirausahaan. sebenarnya akal pikiran, karsa, semangat, kesempatan, waktu, pendidikan dan pengalaman merupakan benda abstrak yang dijadikan modal yang tak ternilai serta sangat menentukan keberhasilan dalam berbsinis dan hidup dimasyarakat.


2. Mengubah Pola Pikir
Mengubah sesuatu yang telah menjadi kebiasaan tidaklah mudah serta membutuhkan kerja keras dan banyak pengorbanan, apalagi menyanngkut pola pikir dari seorang individu.
Pandangan hidup, adat kebiasaan, persepsi, hingga perilaku, dipengaruhi oleh perjalanan yang sangat panjang , baik secara keturunan (hereditas) maupun lingkungan.
Namun, sudah menjadi kodrat manusia bahwa perubahan terjadi secara alamiah, ada yang revolusioner maupun evolusi.
Lima karakteristik yang umumnya dimiliki oleh pengusaha :
1. Pengusaha sangat semangat dalam melihat atau mencari peluang-peluang baru
2. Pengusaha Mengejar peluang dengan disiplin yang ketat.
3. Pengusaha hanya menejar peluang yang sangat baik dan menghindari mengejar peluang lian yang belum jelas.
4. Pengusaha berfokus kepada pelaksanaan.
5. Pengusaha mengikutsertakan energi setiap orang yang berada dalam jangkauan mereka.

3. Motifasi Berprestasi
semakin seseorang meyakini bahwa dirinya dapat mengelola berbagai kekuatan dan kelemahan, maka semakin yakin ia bahwa dirinya dapat mewujudkan suatu prestasi. meyakini makna prestasi adalah meyakini bahwa diri telah mengenal cara - cara mengembangkan kekuatan -kekuatan yang ada.
Ciri-ciri pengusaha yang berhasil adalah ;
1. Berorientasi kepada tindakan dan memiliki motif yang tinggi dalam mengambil resiko untuk menejar tujuan.
2. Dapat mendayagunakan kekuatan-kekuatan yang dimiliki dan mengurangi kelemahan-kelemahan yang ada.
3. Mempunyai pereilaku yang agresif dalam mengejare tujuan dan berorientasi pada tujuan dan hasil.
4. Mau belajar dari pengalaman dalam menjalankan perusahaan dari waktu ke waktu.
5. Memupuk dan mengembangkan pribadi tunggal secara terus menerus.

4. Memanfaatkan Kekuatan Pikiran Bawah Sadar
George W. Ladd, seorang ahli ekonomi dari Iowa State University yang menulis buku berjudul Artistic Research Tool For scientific Minds.
mengemukakan suatu pemikiran yang menarik melalui proses mental bawah sadar berupa imajinasi dan intuisi yang membantu kemajuan usaha.
Proses mental bawah saadar dapat membantu kita melaksanakan kegiatan sehari - hari.

Beberapa faktor atau kondisi yang mendorong  semakin produktifnya pikiran bawah sadar, yaitu :
1.    Sikap ragu-ragu.
2.    Sikap berani.
3.    Bermacam-macam pengalaman, memori dan ketertarikan.
4.    Persiapan yang sempurna dan sungguh-sungguh.
5.    Menyerah sementara.
6.    Istirahat atau Santai.
7.    Menulis.
8.    Bertukar pikiran.
9.    Bebas dari kebingungan atau kekacauan.
10.  Batas waktu.
11.  Tensi.

    
Sumber : Suharyadi,dkk. Kewirausahaan membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda.2008.Jakarta : Salemba Empat

Menerapkan Sikap Mental Bisnis Orang Cina

BAB 3 : Menerapkan Sikap Mental Bisnis Orang Cina

Orang Cina juga termasuk pekerja keras, karena pengaruh ajaran Kongucu. Orang Cina yang telah berhasil dalam bidang perdagangan menerapkan falsafah atau cara pandang dan budaya atau kebiasaan leluhurnya, penghormatan Orang Cina kepada orang tua atau leluhurnya adalah Kekayaan.
      1.  Falsafah dan Budaya Bisnis Orang Cina                                          
               Falsafah Bisnis Orang Cina
1.    Untuk mencapai sukses, Orang Cina harus berdagang. Bekerja keras dan berani membuka peluang usaha baru merupakan kunci keberhasilan, dan hasil usaha berupa keberhasilan dan kegagalan ditentukan oleh sikap, usaha, keyakinan.
2.    Berdagang dapat dijadikan sebagai hobi tetapi bukan untuk mengisi waktu luang. Berdagang adalah pekerjaan serius dan bukan sekadar ikut-ikutan.
3.    Pengalaman perdagangan diberikan kepada anak cucu mereka agar mereka mengenal ilmu perdagangan sehingga memiliki sikap mental yang matang dan terampil dalam berdagang
4.    Keuntungan yang diperoleh sebaiknya tidak dibelanjakan.
5.    Orang Cina suka perdagangan yang memberikan keuntungan jangka panjang dan berkelanjutan dalam waktu yang lama.
6.    Pedagang yang jatuh akan terasa sakit, tapi justru rasa sakit itulah yang mebuatnya bangkit kembali.


Budaya Bisnis Orang Cina
 1.      Orang cina rela bangun pagi dan terus bekerja sampai malam hari untuk mencapai keberhasilan.
 2.      Apabila orang cina mengatakan akan berdagang, mereka biasanya tidak akan berfikir lama untuk     melakukannya.
 3.      Kegagalan pertama tidak akan melunturkan semangat.
 4.      Apabila memperlihatkan diri dalam perdagangan, kita harus menetapkan tujuan untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang.
 5.      Budaya Orang cina, siapa cepat dia dapat 


2.Sistem dan Seni Bisnis Orang Cina


1.    Orang cina mengizinkan pelanggannya membuat pilihan sendiri tanpa ada tekanan
2.    Sukses bisnis tidak menggunakan jalan pintas
3.    Pelanggan lama diberikan kebebasan dan isttimewa
4.    Pekerja dalam system bisnis orang cina adalah bagian yang tidak terpisahkan dari etika bisnis.
5. Berwirausaha penuh dengan persaingan yang keras dan dilakukan dengan berbagai macam cara.
6. Dalam berwirausahaan diperlukan adanya kecermatan atau ketelitian yang tinggi dan sikap fleksibel
7. Seni berdagang cina mengutamakan win-win solution.
8. Pengusaha harus rajin bekerja, ramah dan menjadikan pelanggan sebagai sahabat dekat.
9. Pengusaha harus memiliki daya tahan, mental, dan jiwa yang kuat.


3. Etika dan Rahasia Keberhasilan Orang Cina


1.    Beberapa faktor yang mndorong keberhasilan orang cina adalah banyaknya kemiskinan, perasaan kurang nyaman ditempat orang lain, kemampuan bertahan hidup ditempat orang lain, tidak adanya pilihan dan ajaran hidup Konfusiusme.
2.    Dalam system keturunan orang cina, anak laki-laki adalah ahli waris keturunan
3.    Uang jangan pernah dijadikan sebagai penghalang.
4. Melarang menggunakan cara-cara kotor.
5. Pedagang dilarang mengganggu dan menjelek-jelekan kegiatan pedagang lain.
6. Pedagang tidak boleh terlalu kaku.


4. Cara Bisnis Orang Cina.


1. Untuk dapat menjadi pedagang sukses harus mendapatkan keyakinan dari pelanggan.
2. Tidak boleh pelit mengeluarkan biaya tambahan untuk memikat hati pelanggan.
3. Bekerja minimal 18 jam sehari.
4. Harus fleksibel dan beradaptasi dengan kondisi yang ada.
5. Tempat usaha harus mudah diakses dan menarik perhatian konsumen untuk mengunjunginya.
6. dan lain-lain.


Sumber : Suharyadi,dkk. Kewirausahaan Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda.2008.Jakarta : Salemba Empat

Persiapan Pribadi Pengusaha Muda

1.Membangun Kepribadian Pengusaha Muda
Keberhasilan adalah sebuah usaha sangat ditentukan oleh sosok pribadi sang pengusaha.   Membangun kepribadian merupakan hal yang mutlak bagi keberhasilan sebuah usaha.
-   Berikut merupakan beberapa hal yang terkait dengan usaha membangun kepribadian :
a.   Mengenal diri sendiri
                  Mengenal karakter pribadi
Mengenal bakat dan kemampuan
b.   Mempersiapkan perubahan sikap mental
Siap menghadapi ketidak pastian
Siap mengatakan bisa
Siap bekerja keras, tekun dan sabar
Berani mengambil resiko dan jangan sampai rugi

2.  Mempersiapkan Penampilan Pengusaha Muda
a.   Menjaga reputasi
b.   Kemampuan membangun jaringan
Menumbuhkan rasa percaya diri yang kuat
Menjadi anak gaul
Buat kartu nama yang menarik dan spesifik serta berikan kepada teman baru
Tawarkan persahabatan yang tulus
c.    Naluri mengenali peluang usaha
Menentukan arah usaha an minat
Menumbuhkan kepekaan lingkungan
Menerapkan manajemen informasi
d.   Kemampuan persuasi dan negosiasi
            Tekad baik untuk mencapai win-win solution
Mempersiapkan diri sebelum negosiasi
Meningkatkan kemampuan komunikasi dan pengendalian emosi
Sikap professional

3.   Membangun Usaha Saat Muda
a.   Adanya kekuatan positif yang dimiliki kaum muda
b.   Ada peluang cukup besar berwujud potensi yang perlu dikembangkan

4.   Merealisasikan Mimpi Menjadi Kenyataan
Setiap orang memang seharusnya memiliki mimpi. Namun, sekadar mimpi dan angan-angan tanpa tindakan dan langkah - langkah nyata untuk mencapainya justru akan menimbulkan frustasi dalam kehidupan.
Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin menggapai mimpi. Yaitu :
a.   Mengubah impian menjadi visi
b.   Menyusun rencana strategis
c.    Menetapkan rencana jangka pendek
d.   Melaksanakan usaha
    

Sumber : Suharyadi,dkk. Kewirausahaan membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda.2008.Jakarta : Salemba Empat

Ringkasan Bab 1. Konsepsi Dasar Kewirausahaan

Kewirausahaan menurut Geofrey G. Meredith (2000) adalah kemampuan melihat dan menilai kesempatan (peluang) bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil keuntungan darinya dan mengambil tindakan untuk memastikan pencapaiannya.
Kemampuan-kemampuan seperti yang diharapkan oleh Meredith dapat tumbuh bila seseorang memiliki jiwa inovatif yang dapat dilihat dari perilakunya yang inovatif. Perilaku inovatif dapat dilihat dari dimensi kreatifitas dan pengambilan resiko. Seorang yang memiliki jiwa inovatif dapat secara mudah menangkap kesempatan atau peluang (opportunity) yang dapat dimanfaatkan untuk berbisnis.
Konsep kewirausahaan ini akan mengawali pemahaman seseorang untuk terjun dalam dunia usaha, terutama dalam mengawali proses manajemen bisnis yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan aspek-aspek berwirausaha.

Inovasi adalah mengkreasikan dan mengimplementasikan sesuatu menjadi satu kombinasi dengan menambahkan nilai dari produk, pelayanan, proses kerja, pemasaran, sistem pengiriman, dan kebijakan untuk semua. Ada dua dimensi yang mendasari perilaku inovatif yaitu kreatifitas dan pengambilan resiko. Semua inovasi diawali dari ide yang kreatif. Kreativftas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide baru yang terdiri dari 3 aspek yaitu keahilan, kemampuan berfikir fleksibel dan imajinatif, serta motivasi internal
Resiko adalah sesuatu yang buruk (tidak dinginkan), baik yang sudah diperhitungkan maupun tidak, yang merupakan akibat dari suatu tindakan atau suatu kegiatan. Resiko yang dipilih seorang wirausaha hendaknya resiko tingkat sedang, karena biasanya resiko tingkat inilah yang kerap dihadapi oleh wirausaha yang sukses.

Murdaya Poo Pebisnis Indonesia


Murdaya Poo lahir di Wlingi, Blitar, Jawa Timur  pada 12 Januari 1941. Sebenarnya dia jugatermasuk anggota DPR dan sekaligus pengusaha sukses di Indonesia. Dia bersamaistrinya menjadi konglomerat terpenting  di Indonesia.Beliau  mengaku hanya sekedar orangyang sedang menjalankan karma. SriHartati Tjakra  Murdaya adalah wanitasatu-satunya  yang  ada di Indonesia yang menjadi pengusaha ataupebisnis yang terkaya dari 40 pengusaha di Indonesia versi majalah forbes tahunlalu. Dengan kekayaan yang melimpah serta banyak dunia  bisnis atau usaha yang di tekuninya maka diamenjadi tidak asing lagi di media masa. Apapun laporan dari media memang dirinya, dan juga ragamnya banyak, makadari itu tidak ada orang yang mendebat, kalau Murdaya Poo adalah seorangpengusaha yang intens, pekerja keras, dan tidak pernah gentar untuk melakukan kesempatan  atau , bila perlu berdebat atau berpolemikdengan pihak-pihak lain.



Dalam kehidupannya atau dalam kesempatan sebenarnya ia  kelihatannya sangat sederhana dan bahkan sama sekali tidak modis. Dengan sosokpekerja keras dan segudang aktivitas , maka hampir semua masalah yang ialakukan dapat diselesaikan dengan baik. Karena tipe pengusaha yang hands-on.Maka ia gemar bekerja  lewat tengahmalam, dan bahkan pulang lewat matahari terbit. Hal itu sangat berbeda denganwanita pada umumnya. Dengan sifat pekerja keras, serta memiliki motivasi yangtinggi ,   walaupun ada masalah kecilpun,ia mau terjun ke bawahannya, supaya hal itu cepat teratasi.

Dia beranggapan bahwa perusahaan, bahkan anak adalah titipanTuhan, maka harus dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya. Karena hampIrseluruh hidupnya  tidak pernah jauh dariurusan bisnisnya . Karena dengan mitranya adalah suaminya sendiri  maka akan semakin memudahkan untuk urusanbisnisnya. Sehingga tidak asing bahwa keduanya pertama kali bertemu  yaitu padsa pertemuan bisnis. Dan di sampingitu mentor utamanya adalah ayahnya sendiri. Walaupun banyak perbedaan atau masukan tetapi keduanya bisamemahami dan bisa mencari solusi yang tepat untuk setiap masalah yang ada.Dengan sifat yang agak berlainan, tetapi mereka mempunyai tujuan yang sama,maka hal itu bisa memacu semangat bagi mareka.

Dengan sifat pekerja keras dan semangat yang sangat luarbiasa mereka berdua menjadikan perusahannya cepat maju dan sekarang merekamempunyai banyak perusahaan baik di Indonesia maupuan di luar negeri. Walaupunsekarang usianya sudah tidak muda lagi, tetapi semangat dan kerja kerasnyatidak perlu di khawatirkan. Bahkan ada orang yang bilang kepada mereka yaitudengan kekayaan yang sangat melimpah sebenarnya apa yang masih ingin dicarioleh kamu, tetapi ia menjawab , saya ini tidak mempunyai target apa-apa,  tak punya obsesi apa-apa,  apa yang bisa dikerjakan hari ini, dikerjakanhari ini, apa yang dikerjakan besok, terserah besok. Jadi segala intensitas danatensi yang luar biasa terhadap bisnisnya itu. Ia adalah seorang pebisnisyang  terlalu serius untuk menggantungkansegalanya pada factor-faktor yang tak terhitungkan seperti takdir atau jalannyakarma.


Sumber :